Sejarah Singkat Perkembangan Mobil Listrik
Ide pemakaian mobil listrik pertama telah diperkenalkan pada tahun 1828 dan diproduksi pertama pada tahun 1884. Pada tahun 1897-1900 terdapat 28% mobil listrik dari total kendaraan yang ada di pasaran. Saat itu mobil bertenaga listrik lebih disenangi namun mobil dengan bahan bakar minyak mendapatkan kesempatan untuk mencuri pasar disebabkan harga minyak dunia yang masih rendah. Mobil listrik pun terlupakan dan ditinggalkan hingga pada tahun 1996 muncul sebuah konsep EV1 dari General Motors yang sangat popular dan menjadi salah satu momen kebangkitan mobil listrik. Kesuksesan General Motors pun mendorong pembuat mobil terkemuka lainnya untuk ikut dalam memperkenalkan produknya di sektor mobil listrik termasuk di antaranya Ford, Toyota, dan Honda dengan keunggulannya masing-masing.
Toyota dengan salah satu produknya Prius yang merupakan mobil hibrid komersial pertama yang diluncurkan pada tahun 1997 di Jepang, sukses dengan total penjualan 18.000 unit pada tahun pertama produksi. Saat ini pasar mobil listrik dikuasai oleh Nissan Leaf, Chevrolet Volt, dan Tesla Model S, sedangkan pasar Cina dalam cengkeraman BYD Auto Co, Ltd (Xi’an Nasional Hitech Zona Pengembangan Industri, Xian, Cina)
Diluncurkan pada tahun 1997 di Jepang
Sumber : https://www.ifixit.com/Device/1997-2000_Toyota_Prius
Teknologi Mobil Listrik
Salah satu jenis teknologi penggerak dan sumber tenaga dari mobil listrik ini, sebagai berikut:
- Battery Electric Vehicle (BEV)
Jenis mobil BEV disebut juga All-Electric Vehicle (AEV) adalah kendaraan yang beroperasi sepenuhnya dengan menggunakan listrik di baterai. Jenis BEV tidak memiliki mesin pembakaran (ICE). Listrik disimpan pada baterry pack. Pengisian baterai dilakukan dengan menghubungkannya ke jaringan listrik eksternal.
Contoh Mobil Listrik BEV :
Volkswagen e-Golf, Tesla Model 3, BMW i3, Chevy Bolt, Chevy Spark, Nissan LEAF, Ford Focus Electric